Wednesday, July 10, 2013

" KOPI "

Halo sobat sakclick
dalam posting kali ini saya akan berbagi sedikit tentang "KOPI".
Ya.. siapa sih yang tidak mengenal kopi? semua pasti mengenalnya dan kebanyakan dari mereka mencintainya. Adapula yang tidak bisa melewati
 hari - harinya tanpa kopi di sisinya.

Ditambah lagi sekarang ini banyak sekali warung kopi ( coffee shop ) bisa kita temui, dari yang berkelas menengah kebawah sampai skala menengah keatas. Tidak heran banyak yang menyukai kopi, kopi bisa membantu kita lebih
berkonsentrasi, bisa memberi rasa relax pada diri, dan yang pasti kopi bisa diolah dalam berbagai banyak jenis minuman yang tentunya rasanya bkin ketagihan.
Namun sobat tahu tidak sih tentang kandungan - kandungan apa saja yang terkandung dalam setiap biji kopi? dan sobat tahu tidak sih tentang sejarah biji kopi hingga bisa seperti sekarang ini?.

Sobat sakclick dalam kesempatan ini saya akan sedikit berbagi tentang apa yang saya ketahui tentang kopi, tentang sejarah kopi, zat - zat yang terkandung didalamnya dan efek - efek apa saja yang tubuh terima setelah mengkonsumsinya. disimak ya :D

Kopi memiliki klasifikasi Ilmiah sebagai berikut :
* Kerajaan  : Plantae
* Ordo        : Gentianales
* Famili       : Rubiaceae

Kata Kopi sendiri berasal dari bahasa arab qahwah yang berarti kekuatan, karena ternyata pada awalnya kopi yang sobat minum selama ini dulunya digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie pun terserap kedalam bahasa Indonesia menjadi Kopi seperti sekarang ini.

Tahukah sobat bahwa secara umum terdapat dua jenis biji kopi, yaitu Arabika (kuaitas terbaik) dan Robusta.

Sejarah mencatat penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan bangsa Etiopia di Benua Afrika sekitar 3000 tahun yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga sekarang ini menjadi minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat.
Negara kita sendiri ( Indonesia ) telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya.

Sobat tentu tahu dong bahwa kopi memiliki rasa dan aroma menarik, namun bukan itu saja yang bisa diberikan kopi loh sobat, kopi juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu dan berbagai penyakit jantung ( kardiovaskuler ).

Kandungan terbesar yang terkandung di dalam kopi adalah kafein. Kafein sendiri merupakan senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanaman kopi yang memiliki rasa pahit. Berbagai efek kesehatan dari kopi pada umumnya terkain dengan aktifitas kafein didalam tubuh. Sobat tahu tidak apa peranan kafein didalam tubuh? peranan utama kafein didalam tubuh adalah meningkatakan kinerja psikomotor sehingga tubuh tetap terjaga dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi.
Berikut struktur molekul kafein

Batas aman konsumsi kafein yang masuk kedalam tubuh perharinya adalah 100 - 150 mg, dengan jumlah ini tubuh sudah mengalami peningkatan aktivitas yang cukup untuk membuatnya terjaga.

Selain kafein, kopi juga mengandung senyawa antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak. Adanya antioksidan dapat membantu tubuh dalam menangkal efek pengrusakan oleh senyawa radikal bebas, seperti kanker, diabetes, dan penurunan respon imun. Beberapa contoh senyawa antioksidan yang terdapat di dalam kopi adalah polifenol, flavonoid, proantosianidin, kumarin, asam klorogenat, dan tokoferol. Dengan perebusan, aktivitas antioksidan ini dapat ditingkatkan.

Nah,.... sekarang sobat tahu kan kandungan apa saja yang ada dalam kopi?
karena kandungan positifnya itulah sekarang banyak sekali minuman olahan dari kopi seperti contohnya :

1. Espresso


Merupakan kopi yang dibuat dengan mengekstrasi biji kopi menggunakan uap panas dan tekana tinggi.

2. Latte


merupakan sejenis kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara susu dan kopi 3:1

3. Cappuccino

ini favorit saya sobat, Cappuccino merupakan kopi dengan penambahan susu, krim, dan serpihan cokelat.

Dan masih banyak lagi aneka jenis olahan minuman dari kopi, jadi sekarang sobat tidak perlu takut lagi mengkonsumsi minuman kopi , kopi tidak berbahaya selama kapasitas konsumsinya dijaga,
So, enjoy your life with a cup of coffee
Semoga bermanfaat ya sobat sakclick. jagan lupa komennya ya.. terimakasih sudah baca artikel ini.
salam

No comments:

Post a Comment

* commentnya yang halus-halus saja ya (kita berbudaya)
* No Spam
* No Bug
* No Sara

Leo Zodiac Sign